drh. Chaidir, MM | KETERANGAN PERS Tim PAS | 1. Kami mengajak seluruh warga Pekanbaru yang memiliki hak pilih agar menggunakan hak pilihnya pada tanggal 21 Desember 2011 besok pagi. Menggunakan hak pilih berarti kita ikut bertanggung jawab dan peduli terhadap masa depan Pekanbaru.

2. Bagi warga yang belum menerima kartu model C6/Kartu Pemil
Sumber : Foto koleksi album drh. Chaidir, MM

KETERANGAN PERS Tim PAS

Oleh : drh.chaidir, MM

1. Kami mengajak seluruh warga Pekanbaru yang memiliki hak pilih agar menggunakan hak pilihnya pada tanggal 21 Desember 2011 besok pagi. Menggunakan hak pilih berarti kita ikut bertanggung jawab dan peduli terhadap masa depan Pekanbaru.

2. Bagi warga yang belum menerima kartu model C6/Kartu Pemilih harus proaktif meminta kartu tersebut kepada KPPS atau tanyakan kepada RT masing-masing.

3. Bagi warga yang namanya sudah tercantum dalam DPT tetapi belum menerima kartu undangan, harus diberi dispensasi untuk dapat menggunakan KTP untuk menggunakan hak pilihnya di TPS.

4. Kami mengingatkan kepada Bapak/Ibu Ketua RT, RW, KPPS, PPS dan PPK agar memberi kemudahan kepada masyarakat pemilih untuk mendapatkan undangan dan menggunakan hak pilihnya. Sebab barang siapa dengan sengaja tidak memberikan undangan dan menghalangi warga untuk menggunakan hak pilihnya, sehingga warga tidak bisa menggunakan hak pilihnya, diancam pidana pasal 115 ayat (2) UU No 12 Tahun 2008 Perubahan atas UU No 32 Tahun 2004 tentang Pemerintahan Daerah, ancaman penjara kurungan minimal 12 bulan dan maksimal 24 bulan.

5. Kami mengingatkan warga untuk tidak menggunakan Kartu Pemilih orang lain untuk melakukan pencoblosan, karena tindakan tersebut diancam pidana kurungan minimal 15 hari maksimal 60 hari (pasal 117 ayat (3) UU No 12 Tahun 2008 Perubahan atas UU Nomor 32 Tahun 2004 tentang Pemerintahan Daerah.

6. Hasil Evaluasi Tim PAS, ada beberapa kemungkinan titik krusial kecurangan:

  1. Money Politic/KPPS dijanjikan Rp5juta bila Berseri menang
  2. Pemilih membawa surat suara yg telah dicoblos dari rumah
  3. Sisa kartu pemilih diberikan kepada orang lain yang tidak berhak
  4. Kelebihan surat suara tidak diketahui publik secara transparan
  5. Adanya isu penukaran kotak suara


7. Firdaus MT, hari ini berhalangan memenuhi panggilan penyidik kepolisian karena sedang berada di Jakarta memenuhi panggilan DPP Partaui Demokrat (Bp Ruhut Sitompul) untuk dibawa menghadap Ketua Pembina Partai Demokrat (Bapak Soesilo Bambang Yudhoyono)

8. Tentang kunjungan Tim PAS (Chaidir, Bu Suratiny Sulesdianingrim, Deni Dasril, Wawan, dan Achyar) ke Gudang KPUD Kota (tempat penyimpanan Kotak Suara), berawal dari informasi, terdapat kelebihan 59 kotak suara. Informasi ini dikaitkan pula dengan isu adanya kemungkinan praktik tidak terpuji dengan penukaran kotak suara. Kami menemukan:
  1. Tidak ada tanda dilarang masuk
  2. Tidak ada penjaga
  3. Tidak dikunci
  4. Ketika kami masuk dengan mengucapkan salam “Assalamualaikum” para pekerja yang ada di dalam, tidak menolak atau melarang kami untuk mendekat. Bahkan Sdr Asman Yusuf, Staf Teknis KPUD Kota Pekanbaru, menerima kami dengan baik. Beliau menjawab pertanyaan Ketua Tim PAS tentang jumlah Kotak Suara yang sudah diisi surat suara dan disegel. Kotak suara yg berlebih dijelaskan untuk cadangan bila ada kotak yang rusak. Ketika kami ingin melihat surat suara, Sdr Asman Yusuf menyebutkan tidak bisa karena surat suara tersebut ada dalam amplop yang tertutup. Kami masuk dengan sopan dan keluar dengan sopan. Kami sangat menyayangkan adanya media yang menyebut kami mengobrak-abrik gudang. Itu tidak benar dan itu fitnah.


9. Kami mengucapkan Selamat menyoblos ulang bagi masyarakat Pekanbaru. Kami menghimbau masyarakat jangan takut menggunakan hak pilihnya. Pemilih bebas menggunakan hati nurani dan itu rahasia, tidak ada orang lain yang tahu. Asas LUBER dilindungi oleh undang-undang.

10. Kepada seluruh petugas dan aparat keamanan kami mengucapkan terima kasih atas kerja kerasnya sehingga acara pencoblosan ulang itu besok hari Rabu 21 Des 2011 berlangsung dengan tertib dan lancer serta aman, dengan menjunjung tinggi asas JURDIL.

 


Pekanbaru, 19 Desember 2011


Ketua Tim Koalsisi PAS


Drh Chaidir, MM



 




opini - Pers Release KETERANGAN PERS Tim PAS
Tulisan ini sudah di baca 3924 kali
sejak tanggal 19-12-2011

Kumpulan tulisan lainnya. : Jurnal Chaidir | Opini Chaidir | Kolom Chaidir | Fabel Chaidir

Buku Chaidir. : Demang Lebar Daun | Membaca Ombak | Menertawakan Chaidir | 1001 Saddam | Panggil Aku Osama | Berhutang Pada Rakyat