drh. Chaidir, MM | Duta Gajah | SINDROM latah kelihatannya sedang menjangkiti negeri ini. Ketika pedangdut Zaskia Gotik tersandung canda overdosis yang memplesetkan lambang sila kelima Pancasila dan menyebut tanggal 32 Agustus sebagai hari Proklamasi Kemerdekaan, dia kemudian didaulat oleh sebuah partai politik dengan status terho
Sumber : Foto koleksi album drh. Chaidir, MM

Duta Gajah

Oleh : drh.chaidir, MM

SINDROM latah kelihatannya sedang menjangkiti negeri ini. Ketika pedangdut Zaskia Gotik tersandung canda overdosis yang memplesetkan lambang sila kelima Pancasila dan menyebut tanggal 32 Agustus sebagai hari Proklamasi Kemerdekaan, dia kemudian didaulat oleh sebuah partai politik dengan status terhormat: Duta Pancasila. Ketika seorang pelajar SLA di Medan, Sonya Depari bikin heboh karena secara arogan mengasari seorang polwan yang sedang bertugas di jalan raya, sang pelajar pun kemudian diangkat sebagai duta anti narkoba oleh sebuah gereja di Kota Medan.

Sebenarnya, angkat-mengangkat, daulat-mendaulat seseorang menjadi duta sebuah lembaga atau sebuah program atau sebuah gerakan yang bersifat sosial kemasyarakatan berskala nasional atau internasional (misalnya bidang pendidikan, gender, lingkungan hidup, HAM, dan lain-lain), biasa-biasa saja, lumrah. Hal ini menjadi hak prerogatif lembaga tersebut sepanjang tak dilarang atau bertentangan dengan peraturan perundangan yang berlaku. Kita tersentak, tak lebih, karena tersentuhnya dawai halus dalam jiwa yang sering berbisik tentang kepatutan. Ada hal yang boleh tapi tak patut, ada hal yang patut tapi tak boleh. Itu saja.

Masih ingat petinju juara dunia kelas berat legendaris, Muhammad Ali? Dia ditunjuk oleh PBB menjadi Duta Perdamaian. Patut. Ketika Muhammad Ali berkunjung ke seluruh penjuru dunia dengan agenda pedamaian, orang menaruh respek kepadanya, dan kemudian mendengarkan dengan takzim pesan-pesan yang disampaikannya. Artis Inggris terkenal Emma Watson (36 tahun), ditunjuk oleh PBB menjadi Duta Perempuan. Bintang film Harry Potter ini juga seorang model ternama. Namun di tengah kehidupan glamournya sebagai seorang pesohor, ia juga seorang aktivis yang memiliki komitmen tinggi dalam memperjuangkan kesetaraan gender. PBB patut memberikan kepercayaan kepadanya.

Nadya Hutagalung, mantan Video Jokey MTV Asia yang kini mukim di Singapura, ditunjuk oleh PBB sebagai duta Great Apes Survival Partnership (GRASP) sebuah organisasi bentukan PBB yang melindungi habitat dan kelangsungan hidup primata (kera) besar. Maka Nadya disebut duta orangutan. Penghormatan ini diberikan karena PBB sudah lama memantau keterlibatan Nadya dalam kegiatan konservasi satwa liar dan perbaikan lingkungan hidup.

Sekretaris Jenderal PBB Ban Ki-moon menunjuk aktor kenamaan Hollywood, Leonardo DiCaprio, untuk menjadi United Nation Messenger of Peace yang khusus mengkampanyekan kewaspadaan tentang perubahan iklim. Menurut PBB, Leonardo bukan hanya aktor terkenal, tetapi juga memiliki komitmen jangka panjang dalam masalah lingkungan. Oleh karena itu kunjungan ke berbagai pelosok dunia, diharapkan dapat menyampaikan pesan-pesan tentang lingkungan dan bahaya pemanasan global.

Bintang sepak bola asal Portugis Cristiano Ronaldo, yang sekarang bermain di Real Madrid, yang dikenal sebagai CR7, dinobatkan sebagai duta hutan bakau oleh Forum Peduli Hutan Mangrove (FPBM) Bali. Penunjukan tersebut ditandai dengan penyerahan sertifikat Duta Forum Peduli Mangrove oleh Menteri Kehutanan Zulkifli Hasan RI dalam kegiatan penanaman satu miliar pohon di kawasan Taman Hutan Rakyat (Tahura) Ngurah Rai, Tanjung Benoa di Bali, yang juga dihadiri Presiden SBY, ketika itu.

Najwa Shihab pasti tidak asing di tanah air. Najwa terpilih menjadi Duta Baca Indonesia 2016-2020. Najwa Shihab mengemban tugas mengampanyekan kebiasaan membaca di kalangan masyarakat Indonesia selama lima tahun ke depan. Duta Baca Indonesia merupakan seorang publik figur yang lekat dengan dunia perpustakaan dan aktivitas membaca. Selain mengampanyekan kebiasaan membaca, seorang duta baca juga harus berperan aktif dalam menumbuhkan minat membaca. Dan melihat penampilan selebritis ini dalam memandu "Talk Show Mata Najwa", semua menilai, Najwa patut menjadi Duta Baca Indonesia.

Kementerian Hukum dan HAM suatu saat dulu juga pernah menetapkan pengusaha Martha Tilaar sebagai duta pendidikan dan pelatihan HAM. Belum lama ini, penyanyi Maia Estianty dan mantan Putri Indonesia Nadine Chandrawinata dinobatkan oleh Lembaga Konservasi Eks-Situ (di luar habitat) Taman Safari Indonesia (TSI) Cisarua, Kabupaten Bogor sebagai Duta Gajah Sumatra (elephas maximus sumatraensis). Kalau selebritis ini yang menghimbau dan mengajak untuk melakukan penyelamatan gajah sumatera, masyarakat kita di pedalaman pasti tertarik untuk mendengarkannya dan mengikutinya. Metode persuasif yang mereka lakukan pasti lebih mangkus.

Duta-duta yang diangkat secara terhormat itu, untuk suatu gerakan persuasi, adalah figur-figur yang memiliki komitmen tinggi terhadap suatu bidang dan telah teruji. Bukan asal-asalan. Tapi kelihatannya kita terperangkap dalam kelatahan sosial. Maka, jangan heran suatu hari kelak, kita akan mendengar koruptor jadi duta koruptor, begal jadi duta begal, pemerkosa akan jadi duta pemerkosa. Que sera sera.

kolom - Koran Riau 17 Mei 2016
Tulisan ini sudah di baca 732 kali
sejak tanggal 17-05-2016

Kumpulan tulisan lainnya. : Jurnal Chaidir | Opini Chaidir | Kolom Chaidir | Fabel Chaidir

Buku Chaidir. : Demang Lebar Daun | Membaca Ombak | Menertawakan Chaidir | 1001 Saddam | Panggil Aku Osama | Berhutang Pada Rakyat