drh. Chaidir, MM | Batu Akik vs Diego Simeone | SIAPA tak familiar dengan batu akik, hare gene? Masyarakat sedang demam akut batu akik, dimana-mana, bahkan di manca Negara. Tapi, Diego Simeone? Apakah orang ini penggemar maniak batuk akik, atau seorang pengasah batu akik profesional? Ternyata tidak. Diego Simeone hanya dikenal oleh pecandu sepakb
Sumber : Foto koleksi album drh. Chaidir, MM

Batu Akik vs Diego Simeone

Oleh : drh.chaidir, MM

SIAPA tak familiar dengan batu akik, hare gene? Masyarakat sedang demam akut batu akik, dimana-mana, bahkan di manca Negara. Tapi, Diego Simeone? Apakah orang ini penggemar maniak batuk akik, atau seorang pengasah batu akik profesional? Ternyata tidak. Diego Simeone hanya dikenal oleh pecandu sepakbola, terutama yang rajin mengikuti kompetisi liga sepakbola profesional di Eropa, khususnya La Liga, alias Liga Primera Spanyol.

Tapi pelatih Atletico Madrid ini, kini menjadi buah bibir dan menjadi pelatih yang didambakan oleh pemilik berbagai klub papan atas di dunia saat ini, seperti Liga Primer Inggris, Liga Seria A Italia, demikian juga Bundes Liga Jerman dan Liga Primera di Spanyol itu sendiri. Seperti diketahui, dalam pertandingan lanjutan Liga Primera Spanyol, 7 Februari 2015 beberapa hari lalu. Atletico Madrid melibas rival sekotanya, Real Madrid, dengan skor telak 4-0 dalam sebuah derby yang panas. Pers memberitakan, pertandingan derby ini sebagai sebuah pertandingan yang mengerikan. Susah dicerna (betapapun bola itu bundar), sebuah tim seperti Real Madrid, pimpinan klasemen Liga Primera yang bertabur megabintang menjadi bulan-bulanan Atletico Madrid yang tidak memiliki pemain bintang.

Bayangkan. Real Madrid memiliki megabintang sekelas Cristiano Ronaldo, pemain terbaik dunia yang baru saja dianugerahi Ballon d'Or FIFA. Real Madrid juga memiliki Gareth Bale, pemain termahal dunia. Kedua megabintang ini memiliki power dan kecepatan yang menakutkan tim manapun. Real Madrid juga memiliki James Rodriguez, topskor Piala Dunia 2014 Brazil. Mereka juga memiliki pemain-pemain jangkar Tim Jerman, Juara Dunia 2014, seperti Toni Kroos dan Sami Khedira. Juga ada penyerang top timnas Prancis, Karim Benzeema, back terbaik dunia Sergio Ramos, Marcelo, Pepe, dan salah satu kiper terbaik dunia, Iker Casillas. Dan jangan jupa Real Madrid ditangani oleh Carlo Ancelotti, pelatih top kelas dunia.

Sementara Atletico Madrid hanya diperkuat oleh pemain-pemain yang biasa-biasa saja, artinya, para pemiannya tidak termasuk pemain-pemain yang diburu oleh klub-klub terkenal. Bahkan Fernando Torres, mantan penyerang timnas Spanyol, tak dipakai di Liverpool, kemudian dijual ke Chelsea; di Chelsea Torres gagal bersinar, kemudian dipinjamkan ke AC Milan dan sekarang kembali direkrut oleh Ateltico Madrid. Tapi kenyataan di lapangan beda. Seminggu sebelum pertandingan yang mengerikan itu, Real Madrid juga sudah disikat di kandang Real Madrid sendiri dengan skor 2-0 dan sekarang di kandang Atletico, Stadion Vicente Calderón, Real Madrid mereka habisi 4-0.

Keberhasilan Diego Simeone dalam mengasah semangat timya, menyiratkan banyak pesan kepada dunia, melintasi benua dan samudera. Diego Simeone tak pandai mengasah batu akik, tetapi kemampuannya mengasah sebuah tim sangat dikagumi. Fenomena super team terbukti lebih hebat dari superman. Real Madrid boleh bertaburan "batu akik" termahal di dunia, bahkan jauh lebih mahal dari batu akik Janggus bergambar naga milik Muhammad Imam Hanafi pimpinan Majelis Ta'lim Fardhu A'in di Dusun III Desa Telaga Said Kecamatan Sei Lepan-Langkat, Sumut yang dibandrol Rp18M. Diego Simeone membuktikan, keras batu akik lebih keras lagi hati. Motivasi yang sangat tinggi yang muncul dari tasik hati, bisa mengalahkan sebuah hegemoni. Semangat itu sebenarnya sudah ada di dada orang Melayu: tujuh samudera terbakar api kapal melayu berlayar jua. Ahai..

kolom - Riau Pos 16 Februari 2015
Tulisan ini sudah di baca 431 kali
sejak tanggal 16-02-2015

Kumpulan tulisan lainnya. : Jurnal Chaidir | Opini Chaidir | Kolom Chaidir | Fabel Chaidir

Buku Chaidir. : Demang Lebar Daun | Membaca Ombak | Menertawakan Chaidir | 1001 Saddam | Panggil Aku Osama | Berhutang Pada Rakyat