drh. Chaidir, MM | Forum Mantan | ADA-ADA saja kreatifitas kawan-kawan. Mantan Anggota DPRD Rokan Hulu membentuk suatu wadah yang diberi nama Forum Purna Anggota Dewan. Forum itu sepekan yang lalu dideklarasikan di Hotel Sapadia, Pasir Pengaraian. Misinya baik. Forum lintas partai ini diharapkan dapat memberikan sumbangan pemikiran
Sumber : Foto koleksi album drh. Chaidir, MM

Forum Mantan

Oleh : drh.chaidir, MM

ADA-ADA saja kreatifitas kawan-kawan. Mantan Anggota DPRD Rokan Hulu membentuk suatu wadah yang diberi nama Forum Purna Anggota Dewan. Forum itu sepekan yang lalu dideklarasikan di Hotel Sapadia, Pasir Pengaraian. Misinya baik. Forum lintas partai ini diharapkan dapat memberikan sumbangan pemikiran ke depan bagi pemerintah daerah untuk kepentingan rakyat yang lebih luas.

Sebuah organisasi, betapa kecil pun perannya, adalah sebuah asset dalam masyarakat yang apabila dikelola dengan baik, akan memberi kontribusi positif terhadap masyarakat itu sendiri. Yang perlu dijaga adalah, sebuah organisasi didirikan harus ikut membantu mencari solusi dari permasalahan yang dihadapi masyarakat, bukan menjadi bagian dari permasalahan, atau bahkan menjadi penyebab timbulnya permasalahan.

Pemahaman dasar seperti itu sangat penting dan menjadi sesuatu yang prinsip, apatah lagi di tengah masyarakat kita yang sangat kritis. Dinamika permasalahan yang setiap hari kita lihat di media massa, kita tonton di layar televisi, membuat masyarakat hampir kehilangan kepercayaan kepada lembaga-lembaga resmi yang ada, apalagi institusi-institusi, yang padanya melekat seperangkat kekuasaan. Entah itu institusi eksekutif, legislatif atau yudikatif.

Kenapa demikian? Karena mengelola kekuasaan itu tidak mudah. Mengemban amanah itu berat. Unjuk rasa yang dilakukan oleh berbagai komponen masyarakat dan mahasiswa bersempena 100 hari Kabinet Indonesia Bersatu Jilid II mengangkat banyak aspek. Kekuasaan pada level manapun, termasuk dalam skala kecil di daerah cenderung disalahgunakan. Kasus dugaan korupsi di Indragiri Hulu, misalnya, membuat kita tercengang. Seratus hari memang belum akan menghasilkan apa-apa, tapi setidaknya dalam seratus hari pertama akan terlihat mana Menteri yang kapabel dan kredibel, mana yang tidak.

Kejadian demi kejadian yang kita saksikan menyebabkan masyarakat kita berada dalam krisis kepercayaan social, seperti yang disebut oleh seorang penulis terkenal Francis Fukuyama. Padahal kepercayaan sosial ini merupakan modal penting bagi suatu masyarakat. Investor atau pemodal tidak akan mau menanamkan modalnya untuk menciptakan lapangan pekerjaan kalau institusi-institusi yang ada tidak bisa dipercaya.

Krisis kepercayaan yang terjadi, akarnya adalah pada kepentingan perebutan harta dan kekuasaan secara berlebihan. Politisasi juga berlebihan. Eksesnya, masyarakat kita terkotak-kotak; ada kotak parpol, kelompok, suku, agama, dan sebagainya. Politik memang sarat dengan kepentingan, tapi politik yang beretika tidak akan mengabaikan kepentingan masyarakat umum yang lebih luas.

Tidak bisa dipungkiri, demokratisasi yang terjadi di tengah bangsa kita telah mengubah cara berpikir masyarakat. Masyarakat sangat sadar akan haknya untuk mendapatkan kehidupan yang lebih baik. Masalahnya, sang pemain sering tidak menyadari kelemahannya. Dan seringkali, bila tidak lagi sebagai pemain, tetapi duduk sebagai penonton, kita akan lebih mudah melihat kesalahan-kesalahan elementer yang dilakukan oleh pemain. Kalau kita beritikad baik untuk melakukan perubahan dan perbaikan untuk kepentingan masyarakat, maka segala masukan dan kritik membangun perlu didengar. Lihatlah kelahiran Forum Purna Anggota DPRD Rokan Hulu, dari sisi itu dan jadilah pendengar yang baik.

kolom - Riau Pos 31 Januari 2010
Tulisan ini sudah di baca 1404 kali
sejak tanggal 31-01-2010

Kumpulan tulisan lainnya. : Jurnal Chaidir | Opini Chaidir | Kolom Chaidir | Fabel Chaidir

Buku Chaidir. : Demang Lebar Daun | Membaca Ombak | Menertawakan Chaidir | 1001 Saddam | Panggil Aku Osama | Berhutang Pada Rakyat