drh. Chaidir, MM | Bundesliga Naik Kasta | 
NANTI malam pukul 19.45 waktu setempat, atau Rabu (1/5) dinihari di Indonesia, Barcelona selaku tuan rumah akan terlibat dalam pertandingan krusial melawan Bayern Munchen di stadion Nou Camp. Dan Kamis (2/5) dinihari, Real Madrid pula akan menjamu Borussia Dortmund di Santiago Bernabeu. 

Pertan
Sumber : Foto koleksi album drh. Chaidir, MM

Bundesliga Naik Kasta

Oleh : drh.chaidir, MM


NANTI malam pukul 19.45 waktu setempat, atau Rabu (1/5) dinihari di Indonesia, Barcelona selaku tuan rumah akan terlibat dalam pertandingan krusial melawan Bayern Munchen di stadion Nou Camp. Dan Kamis (2/5) dinihari, Real Madrid pula akan menjamu Borussia Dortmund di Santiago Bernabeu.

Pertandingan leg kedua babak semifinal Liga Champion 2013 ini akan menjadi pertandingan hidup mati bagi keempat kesebelasan. Bedanya, dua klub Jerman (Bayern Munchen dan Borussia Dortmund) berada di atas angin, sedangkan dua klub Spanyol (Barcelona dan Real Madrid) berada dalam posisi tertekan karena mereka kalah telak dalam pertandingan tandang pekan lalu. Barcelona dilibas Munchen 0-4, Real Madrid disikat Dortmund 1-4. Artinya, dalam pertandingan leg kedua ini, Barcelona sekurang-kurangnya harus menang 5-0, sedangkan Real Madrid minimal harus menang 3-0.

Mungkinkah target kemenangan minimal itu diraih oleh Barcelona dan Real Madrid dalam kesempatan 90 menit pertandingan leg kedua sehingga membalikkan keadaan untuk menciptakan final sesama Spanyol? Mungkin saja karena bola itu bundar. Tetapi di atas kertas itu akan sangat sulit, yang paling besar peluangnya untuk bertanding dalam babak final di Stadion Wembley, London, justru dua klub sesama Jerman. Barcelona memang memiliki potensi untuk meraih kemenangan, mereka punya catatan bagus. Di babak perdelapan final, misalnya, Barcelona berbalik memukul AC Milan 4-0 di Nou Camp setelah kalah 0-2 di kandang AC Milan. Jangan lupa, pada babak perempat final Liga Champion 2009 Barcelona pun pernah mengalahkan Bayern Munchen 4-0 di Nou Camp.

Rekor pertemuan Real Madrid vs Borussia Dortmund, Real Madrid masih unggul, tetapi dalam perjalanan Liga Champion 2013 ini Real Madrid sama sekali tidak terlihat impressive, kendati memiliki Cristiano Ronaldo dan pelatih hebat seperti Mourinho. Sepanjang Liga Champion 2013 ini Real Madrid belum pernah bisa menang melawan Borussia Dortmund. Di babak penyisihan grup, Real Madrid kalah 2-1 di kandang Dortmund dan hanya bermain imbang 2-2 di Santiago Bernabeu. Dari catatan tersebut rasanya amat sulit bagi Real Madrid untuk menang minimal 3-0 atau 5-1 di Santiago Bernabeu, syarat minimal untuk bisa menggusur Borussia Dortmund.

Kemenangan telak dua klub Jerman atas dua klub Spanyol yang disebut-sebut sebagai klub terbaik di dunia, menyisakan banyak cerita. Bagaimana mungkin dua klub raksasa Spanyol tersebut demikian saja jadi bulan-bulanan di Jerman. Bagaimana pun serunya perlawanan Barca dan Real Madrid di kandang lawan, bahkan dengan persentase penguasaan bola lebih banyak, tetapi hasil akhir adalah sebuah fakta. Pemenang dalam pertandingan bola bukan dihitung dari persentase penguasaan bola, tetapi tim mana yang mampu menceploskan bola lebih banyak ke gawang lawan.

Bundesliga, liga tertinggi di Jerman, kini naik kasta dengan kemenangan meyakinkan Munchen dan Dortmund atas lawan-lawannya, walau kenyataan ini tidak diakui oleh bintang Barcelona Iniesta dan Pique. Selama ini, Bundesliga memang kalah pamor dari La Liga di Spanyol dan Liga Premiere di Inggris, atau bahkan Serie A di Italia. Entah mengapa, Bundesliga memang tak banyak disiarkan di tanah air kita disbanding liga di Spanyol, Inggris dan Italia.

Banyak pengamat menyebut, kunci keberhasilan Bayern dan Dortmund adalah kombinasi ketahanan fisik, kecepatan dan teknik. Tetapi satu hal yang tidak bisa dipungkiri, kendati agak berbau chauvinistic, bintang-bintang klub Jerman umumnya adalah pemain-pemain nasional Jerman. Yang berada dalam skuad Bayern Munchen misalnya, Bastian Schweinsteiger, Thomas Mueller, Mario Gomes, Phillepp Lahm, Jerome Boateng, Toni Kross, juga penjaga gawang terbaik dunia, Neuer, adalah skuad Timnas Jerman.

Di kubu Dortmund kendati tidak bertabur bintang tetapi pemain-pemain Jerman mengambil porsi lebih dari 60 persen. Dortmund memiliki bintang muda Mario Gotze, Marco Reus. Starting eleventh-nya sebagian besar local content. Striker Dortmund Robert Lewandowski, memang berasal dari Polandia, tetapi Jerman dan Polandia adalah dua negeri yang bertetangga dekat dan memiliki akar budaya yang hampir sama. Sementara bintang Barcelona, Lionel Messi berasal dari Argentina. Di Real Madrid lebih parah. Cristiano Ronaldo berasal dari Portugal, Karim Benzema dari Prancis, Higuain dari Argentina. Dua bintang Real lainnya, yakni Mesut Ozil dan Sami Khedira justru adalah anggota timnas Jerman. Last but not least. Pelatih Bayern Munchen, Jupp Heynckes dan pelatih Borussia Dortmund, Jurgen Klopp, asli pelatih domestik Jerman.

Tapi semua cerita itu, buktikan saja hari Rabu dan Kamis dinihari pekan ini. Asal kuat begadang.

kolom - Harian Vokal
Tulisan ini sudah di baca 408 kali
sejak tanggal 30-04-2013

Kumpulan tulisan lainnya. : Jurnal Chaidir | Opini Chaidir | Kolom Chaidir | Fabel Chaidir

Buku Chaidir. : Demang Lebar Daun | Membaca Ombak | Menertawakan Chaidir | 1001 Saddam | Panggil Aku Osama | Berhutang Pada Rakyat