drh. Chaidir, MM | Dunia Belum Kiamat | SETIDAK-tidaknya sampai 31 Desember 2012, dunia belum kiamat. Bahkan belum ada yang berubah di bawah matahari, kendati diramal akan terjadi bencana badai matahari yang dahsyat.  Matahari masih terbit di ufuk timur, tenggelam di ufuk barat. Lima benua masih yang itu-itu juga. Samudra Pasifik dan Samu
Sumber : Foto koleksi album drh. Chaidir, MM

Dunia Belum Kiamat

Oleh : drh.chaidir, MM

SETIDAK-tidaknya sampai 31 Desember 2012, dunia belum kiamat. Bahkan belum ada yang berubah di bawah matahari, kendati diramal akan terjadi bencana badai matahari yang dahsyat. Matahari masih terbit di ufuk timur, tenggelam di ufuk barat. Lima benua masih yang itu-itu juga. Samudra Pasifik dan Samudra Atlantik masih belum kering. Zamrud khatulistiwa, 17.000 pulau, masih bertebaran di seluruh nusantara dari Sabang sampai Merauke.

Dongeng tentang hari kiamat 2012, menjadi-jadi sepanjang tahun sampai menjelang akhir tahun 2012. Banyak yang percaya hari kiamat sungguh-sungguh akan terjadi pada 2012, tetapi lebih banyak lagi yang tidak percaya terhadap ramalan tersebut. Yang terpengaruh, memperkuat argumentasinya dengan sejumlah teori galaktika bahwa planet Nibiru yang katanya ditemukan bangsa Sumeria, menghantam Bumi. Malapetaka ini semula diprediksi terjadi pada Mei 2003, tapi ketika itu tidak terwujud, waktunya lalu diundur menjadi Desember 2012.  Lalu dua dongeng itu dikait-kaitkan dengan akhir dari siklus kalender kuno bangsa Maya tentang titik balik Matahari pada 2012.  Untuk itu hari kiamat diprediksi terjadi pada 21 Desember 2012 (Antara.com).

Studio film terkenal, Hollywood, pun tak ketinggalan memprovokasi manusia dengan beberapa filmnya yang mencoba berimajinasi tentang hari kiamat. Mereka mencoba membuat penggambaran tentang hari kiamat (apocalypse). Lihatlah film "The Day After Tomorrow" atau "2012".

Yang tidak percaya dengan ramalan-ramalan tersebut, meyakini, hari kiamat itu rahasia Sang Pencipta. Dalam perspektif transcendental, hari kiamat itu suatu saat kelak pasti akan terjadi. Kapan? Tidak ada yang tahu. Dalam perspektif ini pula dipahami, selama di bawah matahari masih ada orang-orang biasa yang berbudi luhur seperti Agus Chaerudin (35 tahun), seorang office boy Bank Syariah Mandiri Cabang Pembantu, Kalimalang, Bekasi, dunia masih belum akan kiamat. Seperti diberitakan, Agus Chaerudin adalah pria yang menemukan uang 100 juta rupiah di tong sampah kantornya. Hebatnya, uang tersebut tidak diambilnya, justru dikembalikan ke pemiliknya. 

Di sudut lain ada pula prajurit Nicolas Sandi Harewan (24), seorang tentara yang baik. Keberanian anggota Kopassus TNI AD dari Sat-81 ini, sempat menjadi buah bibir beberapa waktu yang lalu setelah dengan penuh kepedulian berhasil menyelamatkan seorang karyawati yang hendak diperkosa di dalam angkot oleh lima orang gerombolan. Nicolas dengan gagah berani mengejar angkot tersebut dengan sepeda motornya dan berhasil.

Seorang abang beca di Pandau Permai, Siak Hulu, Kab Kampar, Riau, menolak imbalan Rp 50.000,- yang diberikan oleh istriku atas bantuannya membuang sampah. Dia menyebut jumlah itu terlalu banyak, dan dia hanya mengambil Rp 25.000,- Ternyata orang baik masih ada di negeri kita, walau semakin langka. Tapi merekalah yang menyelamatkan planet ini. Selamat Tahun Baru 2013.

kolom - Riau Pos 31 Desember 2012
Tulisan ini sudah di baca 776 kali
sejak tanggal 31-12-2012

Kumpulan tulisan lainnya. : Jurnal Chaidir | Opini Chaidir | Kolom Chaidir | Fabel Chaidir

Buku Chaidir. : Demang Lebar Daun | Membaca Ombak | Menertawakan Chaidir | 1001 Saddam | Panggil Aku Osama | Berhutang Pada Rakyat