drh. Chaidir, MM | Habis Akal Baru Tawakal | PERINGATAN hari jadi ke-55 Provinsi Riau yang jatuh pada tanggal 9 Agustus 2012 tahun ini, bertepatan dengan pelaksanaan puasa Ramadhan 1433H. Ini tentu merupakan kesempatan emas bagi masyarakat Riau untuk memaknai secara korelatif kedua moment tersebut.  

Seperti lazimnya, peringatan hari jadi s
Sumber : Foto koleksi album drh. Chaidir, MM

Habis Akal Baru Tawakal

Oleh : drh.chaidir, MM

PERINGATAN hari jadi ke-55 Provinsi Riau yang jatuh pada tanggal 9 Agustus 2012 tahun ini, bertepatan dengan pelaksanaan puasa Ramadhan 1433H. Ini tentu merupakan kesempatan emas bagi masyarakat Riau untuk memaknai secara korelatif kedua moment tersebut.

Seperti lazimnya, peringatan hari jadi sebuah negeri selalu menjadi momentum evaluasi dan instrospeksi. Apa yang sudah kita lakukan selama satu tahun, apakah sesuai dengan harapan stakeholder atau belum. Kalau sudah sesuai, ke depan agar lebih ditingkatkan lagi. Kalau belum sesuai harapan, kita perlu melakukan identifikasi, apa kendalanya dan bagaimana caranya mengatasi kendala itu ke depan atau menyusun rencana yang lebih baik lagi sesuai dengan harapan masyarakat.

Semua agenda pembangunan untuk memperbaiki kualitas kehidupan masyarakat adalah ikhtiar dalam wilayah manusia. Ada yang berposisi sebagai pemerintah ada yang berposisi sebagai masyarakat biasa yang diperintah. Yang diperintah wajib mematuhi perintah dari pemimpinnya. Di sisi lain, pemerintah pula, pemegang pedang kekuasaan, memberikan perintah secara professional, jujur, dan adil. Tercakup dalam proses ini adalah segala macam ikhtiar yang dapat dilakukan oleh pemimpin atau pemerintah untuk memanfaatkan semua sumber daya yang ada, baik itu yang menyangkut sumber daya alam, sumber daya manusia, maupun semua peralatan dan perlengkapan secara efektif dan efisien.

Akal yang diberikan kepada manusia memungkinkan manusia melaksanakan semua rencana dengan dukungan ilmu pengetahuan dan teknologi secara profesional. Profesionalisme yang tumbuh karena akal manusia (sebagai makhluk pemikir) ialah sifat-sifat positif untuk melaksanakan tugas secara wajar, mencakup kemampuan dan kemahiran, serta cara pelaksanaan sesuatu tugas dan tanggung jawab. Profesionalisme pemerintah akan mendorong peningkatan kualitas kehidupan masyarakat. Hal itu terjadi karena senantiasa ada keinginan yang kuat untuk senantiasa meningkatkan kapasitas organisasi kepemerintahan. Ada perbaikan-perbaikan secara fundamental.

Bilamana semua perencanaan sudah dilaksanakan secara profesional dan semua hambatan sudah diatasi dengan segenap ikhtiar dengan memperhatikan prinsip-prinsip tata kelola, tetapi tetap belum berhasil, bahkan kita dihadapkan dengan berbagai permasalahan, maka kita boleh masuk ke rangkaian berikutnya, yaitu tawakal. Habis akal baru tawakal. Jangan belum-belum sudah angkat tangan, dengan berlindung di balik ungkapan "manusia boleh buat rencana, tapi rencana Allah jugalah yang terlaksana." Pemahaman transcendental kita memang demikian, tetapi tidak boleh buru-buru rumus itu digunakan. Pada dasarnya manusia diberi akal, maka manusia tak boleh kehilangan akal.

Salah satu nilai penting puasa Ramadhan adalah nilai kejujuran. Sekaranglah saatnya kita bercermin dengan jujur terhadap program-program yang sudah disusun dan sudah dilaksanakan. Apakah program-program yang sudah dilaksanakan betul-betul aspirasi rakyat atau aspirasi yang mengatasnamakan rakyat. Sebab, itu adalah dua hal yang berbeda.

Semangat introspeksi untuk mengoreksi kesalahan-kesalahan perencanaan memungkinkan di tahun depan perencanaan akan lebih baik. Bila tahun demi tahun perencanaan disusun secara lebih baik, maka titik api-titik api yang mungkin tersembunyi dalam program akan padam dengan sendiri. Bila hal itu terjadi, kontemplasi yang kita lakukan setiap kali memperingati hari jadi akan memiliki makna. Tapi bila lubang-lubang bencana setiap kali menganga dan membawa korban, maka setiap tahun kita hanya sekadar menengok kaca spion. Seindah apapun masa lalu, masa depan tetap jauh lebih penting.

kolom - Harian Vokal 7 Agustus 2012
Tulisan ini sudah di baca 1108 kali
sejak tanggal 07-08-2012

Kumpulan tulisan lainnya. : Jurnal Chaidir | Opini Chaidir | Kolom Chaidir | Fabel Chaidir

Buku Chaidir. : Demang Lebar Daun | Membaca Ombak | Menertawakan Chaidir | 1001 Saddam | Panggil Aku Osama | Berhutang Pada Rakyat