drh. Chaidir, MM | Kura-Kura dan Kapsul Waktu | APA hubungan kura-kura dan kapsul waktu? Kura-kura ternyata lebih berpeluang menyaksikan pembukaan kapsul waktu pada tahun 2085, tujuh puluh tahun yang akan datang.  Bukankah manusia juga berpeluang? Manusia pasti berpeluang kecuali dunia kiamat. Tapi dalam kasus kura-kura, beda. Kura-kura yang sama
Sumber : Foto koleksi album drh. Chaidir, MM

Kura-Kura dan Kapsul Waktu

Oleh : drh.chaidir, MM

APA hubungan kura-kura dan kapsul waktu? Kura-kura ternyata lebih berpeluang menyaksikan pembukaan kapsul waktu pada tahun 2085, tujuh puluh tahun yang akan datang. Bukankah manusia juga berpeluang? Manusia pasti berpeluang kecuali dunia kiamat. Tapi dalam kasus kura-kura, beda. Kura-kura yang sama, yang sudah berusia 50 tahun ketika kapsul waktu itu diciptakan, akan bisa menyaksikan kapsul itu dibuka 70 tahun yang akan datang. Sedangkan manusia yang berusia 50 tahun ketika kapsul waktu itu diciptakan, pada tahun 2085 akan berusia 120 tahun. Hampir tak ada peluang.
Apa bendanya kapsul waktu itu? Singkat cerita, kapsul waktu itu berwujud sebuah tabung yang terbuat dari aluminium, bukan gelatine seperti kapsul obat umumnya. Kapsul itu diisi dengan selembar kertas yang bertulis tujuh butir impian masyarakat setiap provinsi tujuh puluh tahun ke depan. Seperti apa gambaran masyarakat yang diidam-idamkan. Kapsul Waktu setiap provinsi tersebut dikumpulkan dalam satu kapsul besar, oleh Panitia Nasional secara marathon dalam suatu ekspedisi berawal dari Aceh, Sumatera Utara, Riau, Sumatera Barat, dan seterusnya sampai Papua pada bulan Desember 2015. Ekspedisi sudah dimulai oleh Presiden Jokowi di Kilometer Nol Indonesia di Pulau We, Sabang bulan Maret 2015 lalu.
Kapsul waktu besar yang memuat 34 kapsul waktu (dari 34 provinsi) ditambah dengan satu kapsul waktu impian presiden ke-7 Republik Indonesia (tentulah Presiden Jokowi), akan ditempatkan dalam sebuah monumen khusus yang dibangun untuk itu di Merauke, Papua. Monumen tersebut dibuka kelak tahun 2085 oleh anak cucu kita. Tahun 2085 adalah 70 tahun kemudian dihitung dari 70 tahun peringatan HUT Kemerdekaan RI tahun 2015.
Itulah masalahnya, usia harapan hidup manusia di Indonesia sekarang rata-rata 65 tahun, atau katakanlah karena perbaikan kehidupan usia harapan hidup bertambah, tetap saja sangat tipis peluang orang-orang yang sekarang berusia 50 tahun menyaksikan pembukaan kapsul itu pada tahun 2085 kelak di kemudian hari. Apatah lagi Presiden Jokowi sendiri yang sekarang berusia 60 tahun, pada tahun 2085 akan berusia 130 tahun. Tak ada can.
Manusia sudah ditakdirkan tak berumur panjang seperti kura-kura. Hewan yang dikenal dengan cangkangnya yang keras ini memang adalah hewan yang memiliki umur paling panjang di dunia. Umur kura-kura bisa mencapai 250 tahun. Seekor kura-kura di Kepulauan Galapagos, Equador, yang diberi nama Harriet, berusia 190 tahun. Diberitakan, Harriet mati karena gagal jantung pada bulan Juni 2006. Kura-kura raksasa lain di Pulau Aldabra, dekat Malabar, yang diberi nama Adwaita mati pada pada usia 250 tahun.
Kura-kura tidak sendirian sebagai hewan yang berumur panjang. Ikan Koi yang dikenal sebagai ikan hias juga dikenal memiliki umur panjang. Seperti pernah diberitakan, di Jepang, ikan Koi tertua yang diberi nama Hanako, mati pada usia 226 tahun. Kerang laut berukuran besar yang berleher panjang lebih dari satu meter, yang disebut Geoducks, juga berumur panjang, bisa mencapai 160 tahun. Satu jenis kerang lain yang dapat dimanfaatkan secara komersial, yang disebut Ocean Quahog, dengan nama latin Artical Islandia, juga merupakan hewan yang berumur panjang mencapai 400 tahun.
Ikan paus Bowhead Whales, dikenal dengan nama Paus Arktik juga berumur ratusan tahun. Paus Akrtik ini merupakan mamalia laut yang mengagumkan, karena pernah ditemukan dengan ujung tombak gading masih terbenam di dagingnya; ujung tombak tersebut merupakan usaha penangkapan yang gagal dari 200 tahun yang lalu. Paus Arktik ini juga sejauh ini merupakan mamalia dengan hidup terlama di dunia. Dapat hidup sampai dengan 211 tahun.
Jadi, bagi orang yang sekarang berusia 40-50 tahun, dan ingin menyaksikan pembukaan Kapsul Waktu 2085 kelak di kemudian hari, barangkali hiduplah seperti kura-kura; bergerak lambat tak pernah tergesa-gesa, tak pernah marah apalagi marah-marah.

fabel - Koran Riau 13 Oktober 2015
Tulisan ini sudah di baca 358 kali
sejak tanggal 13-10-2015

Kumpulan tulisan lainnya. : Jurnal Chaidir | Opini Chaidir | Kolom Chaidir | Fabel Chaidir

Buku Chaidir. : Demang Lebar Daun | Membaca Ombak | Menertawakan Chaidir | 1001 Saddam | Panggil Aku Osama | Berhutang Pada Rakyat