drh. Chaidir, MM | Tikus Mol Telanjang | SEMUA tikus telanjang, besar-kecil, tua-muda, sama, kecuali tikus berdasi. Ya iyalah. Kalau telanjang dimana pula dasi hendak disangkutkan. Tikus berdasi biasanya justru berkaian necis. Pakaiannya bahkan umumnya branded, dari merek-merek terkenal dari pusat mode di Paris. Celana, baju, dasi, sepatu,
Sumber : Foto koleksi album drh. Chaidir, MM

Tikus Mol Telanjang

Oleh : drh.chaidir, MM

SEMUA tikus telanjang, besar-kecil, tua-muda, sama, kecuali tikus berdasi. Ya iyalah. Kalau telanjang dimana pula dasi hendak disangkutkan. Tikus berdasi biasanya justru berkaian necis. Pakaiannya bahkan umumnya branded, dari merek-merek terkenal dari pusat mode di Paris. Celana, baju, dasi, sepatu, arloji, kacamata, kaos kaki, singlet dan celana dalam, semuanya branded. Mana mau mereka pakai produk KW, apalagi KW3, amit-amit.
Reputasi mereka dipertaruhkan melalui penampilan. Itu harga mati. Bahwa ada suara-suara sumbang atau bisik-bisik yang menyebut bahwa mereka sebenarnya tikus berdasi alias koruptor, biarkan saja. Itu hanya gosip kedai kopi, tak perlu ditanggapi. Itu hanya hasad dan dengki. Biarkan anjing menggonggong. Untuk jurus kamuflase, tikus berdasi alias koruptor ini biasanya rajin berderma untuk pembangunan tempat-tempat ibadah atau memberi sumbangan untuk kegiatan-kegiatan sosial. Pada satu sisi tikus berdasi ini berusaha keras membentuk citra diri sebagai seorang dermawan.
Mereka, tikus-tikus berdasi itu tidak perlu khawatir, "hakuna matata" kata orang Afrika yang berbahasa Swahili. Walaupun mereka sudah TSK, bahkan terdakwa, bahkan terpidana sekali pun, praduga tak bersalah terhadap mereka harus dijunjung tinggi. Bagi yang bersemangat tetap maju dalam pilkada serentak juga boleh, tak masalah. Bahkan aparat keamanan menjamin, yang bersangkutan tidak akan diganggu selama proses pilkada berlangsung. Bendera putih tanda menyerah baru dinaikkan setelah MA mengeluarkan keputusan menolak terhadap permohonan kasasi yang bersangkutan. Tak masalah, itu musibah, begitu bunyi tausyiah.
Dalam keadaan aslinya tikus memang tidak pakai pakaian alias telanjang, alias bugil, terutama bila tolok ukurnya adalah manusia yang beradab yang selalu berbusana. Siapa yang akan menyediakan sandang bagi tikus? Tapi bila beberapa jenis tikus dipersandingkan, terlihatlah ada jenis tikus yang kulitnya berwarna krem, licin berlipat-lipat. Tikus ini terlihat seperti telanjang karena tikus jenis lainnya berwarna hitam dan berbulu. Rupanya ada jenis tikus yang lebih telanjang diantara tikus yang memang sudah telanjang.
Tikus yang seperti telanjang ini diberi nama Tikus Mol Telanjang. Walau pun namanya tikus mol, tapi tikus jenis ini tak akan pernah ditemui di mall shopping center. Para ahli biologi menyebut, tikus mol telanjang ini adalah sejenis tikus yang hidup di bawah tanah. Para ahli biologi bahkan sangat menyukai tikus bawah tanah ini karena bentuknya yang unik. Tikus mol telanjang memiliki kulit yang melar (tidak tegang seperti tikus biasa), rambut sangat tipis dan matanya sipit hampir buta.
Secara tampilan, tikus mol telanjang ini memang tidak begitu enak dilihat. Tapi binatang ini rupanya memiliki kelebihan disbanding tikus biasa lainnya. Tikus ini justru bisa sangat tahan terhadap penyakit dan dapat hidup selama lebih dari 30 tahun. Usia ini sepuluh kali lipat lebih panjang daripada binatang pengerat lainnya.
Sebuah studi yang baru-baru ini dipublikasikan dalam jurnal Proceeding of the National Academy of Sciences menyatakan bahwa telah ditemukan semacam zat kimia di dalam sel tubuh tikus mol telanjang yang memfungsikan sel-sel tubuh tersebut sebagai pabrik protein. Akibat adanya pabrik protein dalam sel-sel tubuh tikus itu, maka tubuh tikus mol telanjang kurang rentan terhadap adanya penyimpangan keadaan seiring bertambahnya usia. Artinya, kondisi itu membuat tikus mol jauh lebih kuat dan lebih tahan menghadapi serangan penyakit yang berhubungan dengan usia seperti kanker dan Alzheimer. Maka umurnya lebih panjang.
Jadi terjawab dan sesuailah penggambaran tikus terhadap koruptor. Sebab tikus tak hanya gemar menggerogoti lumbung tapi juga ada jenis yang hidup bersembunyi dalam tanah, tak terlihat di permukaan dan tahan pula terhadap penyakit. Wajar kalau tikus ini susah dimusnahkan termasuk jenis yang berdasi. Gawat.

fabel - Koran Riau 1 September 2015
Tulisan ini sudah di baca 498 kali
sejak tanggal 01-09-2015

Kumpulan tulisan lainnya. : Jurnal Chaidir | Opini Chaidir | Kolom Chaidir | Fabel Chaidir

Buku Chaidir. : Demang Lebar Daun | Membaca Ombak | Menertawakan Chaidir | 1001 Saddam | Panggil Aku Osama | Berhutang Pada Rakyat