drh. Chaidir, MM | Asmara Kobra | MARIO Steven Ambarita (21) penumpang gelap di ruang roda belakang pesawat Boeing 737-800 Garuda Indonesia dalam penerbangan Pekanbaru-Jakarta (7/4) itu bolehlah disebut pria pemberani. Dia beruntung punya nyawa berlebih. Tapi sekarang di punya teman seorang pemuda India yang tak kalah keras hatinya.
Sumber : Foto koleksi album drh. Chaidir, MM

Asmara Kobra

Oleh : drh.chaidir, MM

MARIO Steven Ambarita (21) penumpang gelap di ruang roda belakang pesawat Boeing 737-800 Garuda Indonesia dalam penerbangan Pekanbaru-Jakarta (7/4) itu bolehlah disebut pria pemberani. Dia beruntung punya nyawa berlebih. Tapi sekarang di punya teman seorang pemuda India yang tak kalah keras hatinya.

Nun di sana di negeri Bollywood, India, di sebuah desa di negara bagian Badlapur Phoolpur, ada seorang pemuda setempat bernama Sandeep Patel (27) yang juga super nekad.. Sandeep memang belum pernah coba sebagai penumpang gelap pesawat ala Mario, tapi Sandeep pekan lalu menikahi seekor ular kobra besar. Maukah Mario mencoba pengalaman Sandeep menikahi ular kobra? Kedua pemuda bernasib sama, mereka ditangkap polisi dengan alasan berbeda. Mario dituduh melanggar hukum karena memasuki tempat terlarang, Sandeep dituduh karena melanggar ketertiban umum.

Seperti dimuat tempo.co dilansir dari mirror.co.uk pada 6 April 2015, pernikahan aneh dan unik Sandeep dan kobra di sebuah kuil itu, disaksikan sekitar 12-15 ribu orang yang penasaran dan berbondong-bondong memenuhi tempat upacara pernikahan. Sandeep meyakini bahwa ular kobra tersebut merupakan seorang wanita cantik di kehidupan sebelumnya dan ia meyakini kalau ular tersebut dan dia telah saling jatuh cinta. Sandeep juga mengklaim bahwa dirinya bisa berubah menjadi ular di malam hari setelah ia jauh masuk ke dalam alam bawah sadar.

Seperti diberitakan, Sandeep tiba di kuil tersebut mengenakan celana dan rompi putih, disambut dengan kalungan karangan bunga. Tuan kadi yang memimpin upacara pernikahan itu, mengatakan Sandeep menunjukkan ciri-ciri ular sejak kecil. Tuan kadi tersebut pernah melihat Sandeep berjalan sambil menjulur-julurkan lidahnya seperti ular serta cara minum juga seperti ular.

Buntut penertiban dan penangkapan yang dilakukan polisi terhadap Sadeep, ribuan orang yang percaya akan takhayul mengancam mengobarkan kerusuhan jika Sandeep tidak segera dibebaskan. Sebab menurut mereka sembilan tahun lalu kejadian serupa juga pernah terjadi di India ketika seorang wanita bernama Bimbala Das juga menikahi seekor king kobra di Desa Tala, Negara Bagian Orissa. Pernikahan Bimbala dengan raja kobra ketika itu dihadiri oleh 2.000 tamu. Pernikahan itu diyakini membawa keberuntungan dan kesejahteraan lantaran raja kobra merupakan perwujudan Dewa Siwa sang penghancur. Bimbala jatuh hati pada suaminya sebab binatang itu tidak sedikit pun menyakitinya, padahal king kobra adalah jenis ular paling mematikan di dunia.

Masih di India, pada 2009 lalu (ditelusuri dari google.com), dua gadis kecil bernama Vigneswari dan Masiakanni melakukan pernikahan dengan dua ekor kodok yang dipercaya jelmaan Dewa Siwa. Pernikahan itu dimaksudkan untuk menghapus wabah penyakit di wilayah mereka di Desa Pallipudpet, Kota Madras, India. Pesta dua pernikahan di hari yang sama itu dirayakan besar-besaran.

Kedua gadis kecil masih berusia tujuh tahun saat menikah dengan kodok-kodok itu. Mereka terpilih sebab masih perawan dan belum akil balik sehingga masih suci. Bukannya sedih menikah dengan hewan, kedua pengantin kecil itu malah merasa ini takdir yang indah. Setelah menikah, para kodok kembali ke kubangan tempat mereka berendam.

Cerita pernikahan lintas makhluk di India belum selesai. Seorang lelaki India bernama Selvakumar menikahi seekor anjing betina enam tahun lalu. Ini dia lakukan untuk melepaskan kutukan sebab dia telah membunuh dua ekor anjing dengan melemparinya batu. Sesaat setelah melakukan itu pendengarannya hilang dan dia mengalami halusinasi hebat. Peristiwa ini berlangsung di Kota Madurai, Distrik Sivaganga dan disaksikan ribuan orang. Entah kebetulan atau bukan sesaat setelah menikah dengan anjing Selvakumar dapat mendengar kembali.

Pernikahan lintas makhluk, terutama manusia-hewan, ternyata telah menjadi tradisi di beberapa desa di India, namun bukan untuk tujuan pemenuhan kebutuhan syahwat, pernikahan itu biasanya untuk tujuan tertentu umumnya yang berkenaan dengan takhayul. Pernikahan Manusia dan hewan ini konon membuat banyak orang terserang sakit kepala lantaran tak habis pikir. Dunya kahe, aca aca..

fabel - Koran Riau 14 April 2015
Tulisan ini sudah di baca 562 kali
sejak tanggal 14-04-2015

Kumpulan tulisan lainnya. : Jurnal Chaidir | Opini Chaidir | Kolom Chaidir | Fabel Chaidir

Buku Chaidir. : Demang Lebar Daun | Membaca Ombak | Menertawakan Chaidir | 1001 Saddam | Panggil Aku Osama | Berhutang Pada Rakyat