drh. Chaidir, MM | Gustave Si Pembegal
 | BEGAL itu penyamun. Begitulan menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia, Balai Pustaka. Perbuatan membegal yang dilakukan oleh begal atau pembegal adalah perampasan atau penyamunan di jalan. Biasanya di jalan-jalan sepi jauh dari penduduk. Begal yang paling populer akhir-akhir ini adalah begal sepeda mot
Sumber : Foto koleksi album drh. Chaidir, MM

Gustave Si Pembegal

Oleh : drh.chaidir, MM

BEGAL itu penyamun. Begitulan menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia, Balai Pustaka. Perbuatan membegal yang dilakukan oleh begal atau pembegal adalah perampasan atau penyamunan di jalan. Biasanya di jalan-jalan sepi jauh dari penduduk. Begal yang paling populer akhir-akhir ini adalah begal sepeda motor. Penyamun ini merampas sepeda motor yang sedang dikendarai oleh pemiliknya, tak peduli di tengah keramaian sekalipun. Penyamun bahkan tak segan-segan menghabisi nyawa korban.
Aksi para begal ini memancing berbagai kalangan untuk mengadopsi istilah begal dalam berbagai aspek kehidupan. Ada penyamun politik, disebut begal politik. Penyamun hukum disebut begal hukum alias mafia hukum. Penyamun uang rakyat disebut begal anggaran alias koruptor. Begal pilkada adalah penyamun suara rakyat sehingga tak jelas lagi mana kemenangan legal dan mana yang tidak legal, dan sebagainya.

Banyak begal perkara begal, tapi binatang begal adalah penyamun yang sama sekali tak punya perasaan. Sebab, binatang begal biasanya adalah binatang buas, mana ada binatang punya perasaan, kecuali insting sayang pada anaknya sendiri atau insting solidaritas kelompok pada jenis binatang tertentu.

Blog multimediabersatu.wordpress.com mencatat, ada binatang buas dan ganas yang tidak hanya membegal tapi suka memangsa manusia. Di antara pembegal buas tersebut, Gustave adalah pembegal legendaris yang paling terkenal di dunia dan sangat ditakuti. Dan, Gustave disebut masih berkeliaran sampai sekarang di Sungai Nil, di Mesir sana. Gustave adalah seekor buaya jantan monster pemakan manusia. Buaya sungai Nil berukuran enam meter dan berat sekitar satu ton ini masih hidup sampai sekarang. Gustave disebut oleh para ahli sebagai buaya Nil terbesar yang pernah hidup, serta individu predator terbesar di seluruh benua Afrika.

Menurut penduduk asli dan Patrice Faye (seorang naturalis Perancis yang telah bertahun-tahun mencoba menangkap pemakan manusia ini), dia telah membunuh lebih dari 300 orang sampai sekarang! Penduduk pribumi mengatakan Gustave membunuh manusia atas dasar kesenangan, bukan hanya untuk makanan, dia membunuh beberapa orang dalam setiap serangan, dan kemudian menghilang selama berbulan-bulan, atau bahkan bertahun-tahun, dan muncul lagi ditempat lain hanya untuk membunuh. Tidak ada yang bisa memprediksi kapan atau di mana ia akan muncul berikutnya. Gustave juga dikatakan memiliki nafsu makan yang mengerikan, dan rumor mengatakan bahwa Gustave menangkap, membunuh dan melahap seekor kuda nil jantan dewasa. Gustave sudah sering diburu bahkan oleh prajurit bersenjata tapi selalu gagal membunuh begal yang satu ini. Akhirnya, buaya ini justru dilindungi.

Faye sendiri pernah berusaha menangkap Gustave dengan membangun perangkap besar di air, tapi, meskipun begal itu muncul, dia tidak pernah mendekati perangkap yang dibuat Faye. Gustave hanya berenang di sekitarnya, seolah-olah mengejek calon penculiknya. Gustave dilaporkan berumur lebih dari 60 tahun. Gustave mungkin terlalu berpengalaman dan terlalu pintar untuk ditipu, sehingga nampaknya Gustave akan melanjutkan aksi pembegalan yang dilakukannya dan mungkin, akan menjadi pemakan orang yang paling produktif sepanjang sejarah.

Faye berharap dapat menyelamatkan nyawa manusia serta pemakan manusia itu sendiri, dan mungkin menggunakannya sebagai bibit untuk membantu pelestarian buaya Nil. Menurut informasi dari berbagai sumber sebuah pagar kandang telah dibangun di Taman Nasional Ruzizi Burundi, menunggu moment penangkapan pemakan manusia terbesar di zaman modern itu.

Sesungguhnya, Gustave tidak sendiri sebagai begal legendaries. Ada beruang coklat Kesagake di Jepang, yang hidup di awal abad XX. Kesakage telah membunuh banyak orang di Hokkaido. Tapi tidak seperti Begal Gustave yang misterius, begal Kesakage berhasil dibunuh oleh seorang pemburu yang memiliki keberanian luar biasa.

Begal lainnya yang melegenda adalah singa Njombe di Tanzania, buaya jantan raksasa Two Toed Tom yang berkeliaran di rawa-rawa di perbatasan Alabama dan Florida sekitar tahun 1920, hiu di New Jersey (1916), dan beruang Mysore di India.

Tapi, binatang buas begal tak panjang akalnya seperti manusia begal. Di sinilah sulitnya.




fabel - Koran Riau 17 Maret 2015
Tulisan ini sudah di baca 583 kali
sejak tanggal 17-03-2015

Kumpulan tulisan lainnya. : Jurnal Chaidir | Opini Chaidir | Kolom Chaidir | Fabel Chaidir

Buku Chaidir. : Demang Lebar Daun | Membaca Ombak | Menertawakan Chaidir | 1001 Saddam | Panggil Aku Osama | Berhutang Pada Rakyat