drh. Chaidir, MM | Makhluk Hibrida | PENGHUJUNG tahun 2013 meninggalkan kehebohan yang luar biasa. Bukan karena tertangkapnya Akil Mochtar, ditahannya Gubernur Banten Ratu Atut, atau tersiarnya berita Presiden China Xi Jinping tanpa basa-basi ikut antri beli bakpao tanpa disadai warganya. Bukan, bukan karena itu.

Mungkin karena angk
Sumber : Foto koleksi album drh. Chaidir, MM

Makhluk Hibrida

Oleh : drh.chaidir, MM

PENGHUJUNG tahun 2013 meninggalkan kehebohan yang luar biasa. Bukan karena tertangkapnya Akil Mochtar, ditahannya Gubernur Banten Ratu Atut, atau tersiarnya berita Presiden China Xi Jinping tanpa basa-basi ikut antri beli bakpao tanpa disadai warganya. Bukan, bukan karena itu.

Mungkin karena angka "13" yang melekat pada angka tahun 2013 itu, yang oleh sementara kalangan dianggap angka sial? Angka 13 sering dikaitkan-kaitkan dengan kesialan dan dunia hitam. Mungkin karena itu pula di tahun 2013 banyak bisnis hitam, transaksi hitam, atau juga politik hitam. Adakah hubungannya dengan kehebohan itu? Bukan. Bukan juga karena angka 13 itu.

Heboh itu bermula ketika planet bumi kita ini dikejutkan oleh munculnya sosok makhluk aneh. Makhluk itu bukan Alien. Mungkin dunia ini sudah mau kiamat. Cerita tentang makhluk aneh itu cepat menyebar, sambung menyambung tak ada habis-habisnya dibicarakan menjelang tenggelamnya sang surya 2013 di ufuk barat. Di kedai-kedai, di pasar, di rumah-rumah potong, di padang penggembalaan, di tepi-tepi sungai, di hutan belukar, semua berbisik dan berdebat mengenai penampakan binatang aneh itu.
"Aku tak habis pikir", ujar seekor anjing bulldog.
"Kapan anjing itu kawin dengan burung cucak rowo, sehingga menghasilkan keturunan kepala anjing tapi berbadan burung, dan bisa terbang pula? Punya sayap bisa terbang, tapi kepalanya tak ada paruh melainkan bermulut seperti kepala anjing," lanjutnya penasaran.
"Itu namanya kemajuan ilmu pengetahuan, Bro," anjing kedua menimpali.
"Wah."
"Apanya yang wah, kamu terlambat mengikuti perkembangan. Tidak hanya hewan berbadan burung berkepala anjing yang mereka namakan Dirds, sekarang juga ada hewan lain, badannya ikan paus kepala ikan lumba."
"Wah."
"Ada juga hewan berkepala singa berbadan macan tutul."
"Wah."
"Kamu wah wah mulu.."
"Aku ngeri."
"Kenapa?"
"Ngeri dong aku, berarti dengan ilmu pengetahuan seperti itu, nanti cepat atau lambat juga akan tercipta makhluk yang berbadan manusia tapi berkepala singa, atau berkepala harimau, atau berkepala beruang. Gawat..gawat.."
"Ah sudahlah....nggak usah terlalu dipikirin Bro, memang mengerikan andai hewan-hewan hibrida seperti itu sungguh-sungguh ada dan berkeliaran di muka bumi ini. Tentu kita harus berebut makanan dengan mereka. Kehidupan kitapun terancam."
"Maksudmu?"
"Aku nguping ketika majikanku ngerumpi, foto-foto hewan yang aneh-aneh itu hanyalah gambar fotorealisme hasil rekayasa komputer, atau manipulasi foto melalui komputer, bukan sungguh-sungguh nyata hasil persilangan rekayasa genetika. Majikanku pun bisa membuat foto-foto aneh bangsa kita."
"Oh gitu ya...koq seperti asli?"
Manusia sering kurang kerjaan. Ada-ada saja. Tidak hanya hewan hibrid itu saja yang bikin heboh, manusia 'hibrid' juga sering bikin heboh. Dalam kelompok ini ada 'buaya darat', 'kucing air', 'lintah darat', "kupu-kupu malam', 'musang berbulu ayam', dan lain-lain, mereka semua adalah manusia, bukan hewan, tapi susah divisualisasikan. Selamat Tahun Baru 2014.


fabel - Koran Riau
Tulisan ini sudah di baca 490 kali
sejak tanggal 30-12-2013

Kumpulan tulisan lainnya. : Jurnal Chaidir | Opini Chaidir | Kolom Chaidir | Fabel Chaidir

Buku Chaidir. : Demang Lebar Daun | Membaca Ombak | Menertawakan Chaidir | 1001 Saddam | Panggil Aku Osama | Berhutang Pada Rakyat