drh. Chaidir, MM | Pasukan Katak | KATAK jantan itu bernyanyi dengan perkasa merayu katak betina untuk bercinta. Dia gembira alang kepalang mendengar kabar ada pasukan elit TNI yang bernama Pasukan Katak.
Sumber : Foto koleksi album drh. Chaidir, MM

Pasukan Katak

Oleh : drh.chaidir, MM

KATAK jantan itu bernyanyi dengan perkasa merayu katak betina untuk bercinta. Dia gembira alang kepalang mendengar kabar ada pasukan elit TNI yang bernama Pasukan Katak. "Kapal Patroli boleh bernama Kapal Hiu, Kapal Kobra, Kapal Singa atau Kapal Barakuda, tetapi hanya nama 'Katak' yang diabadikan sebagai salah satu nama pasukan TNI AL. Bukan pula sembarang pasukan, Pasukan Katak adalah pasukan elit TNI AL yang tak pilih tanding." Ujarnya dengan penuh kebanggaan, sambil terus bernyanyi.

Tak ditemukan makna filosofis yang mendalam mengapa pasukan elit TNI AL ini bernama Pasukan Katak atau populer dengan sebutan Kopaska. Tetapi dalam beberapa catatan, Pasukan Katak ini sangat membanggakan. Presiden pertama Bung Karno yang mendirikannya pada 31 Maret 1962, sangat bangga terhadap Pasukan Katak ini terutama dalam kiprah mereka ketika operasi Tri Kora mempertahankan Irian Jaya dan operasi Dwi Kora ketika konfrontasi dengan Malaysia. Dengan semboyan "Tan Hana Wighna Tan Sirna" yang berarti "tak ada rintangan yang tak dapat diatasi", Pasukan Katak tak pernah mengenal rasa takut. Untuk tugas penyusupan dan penyerangan rahasia di bawah air terhadap posisi musuh, bahkan kamikaze sekalipun mereka siap melakukannya.

Katak adalah amfibi, hewan yang dapat hidup di dua dunia, di air maupun di darat tak ada masalah. Katak bisa bertahan hidup di darat. Di darat katak bisa berlari, melompat dan memanjat dengan cepat, tapi kemudian secepat kilat bisa terjun meloncat ke air, menyelam tak terdeteksi tanpa harus muncul ke permukaan untuk sekedar menghirup oksigen. Katak seakan memiliki paru-paru joker yang multi fungsi. Yang terjadi sesungguhnya, ketika masih berupa kecebong atau brudu, dalam tahap daur hidup katak, bayi katak tersebut bernafas dengan insang untuk mengambil oksigen yang terlarut dalam air, sama seperti ikan dan hewan lainnya yang hidup dalam air. Tapi ketika brudu mengalami metamorfosa menjadi katak dewasa, alat pernapasannya berubah menjadi paru-paru. Namun demikian, paru-paru pada katak dewasa tak menjadi penghalang baginya untuk menyelam seberapa lama pun, karena dengan katup hidung yang tertutup secara otomatis, katak bisa bernafas dengan menggunakan rongga mulut yang disebut glotis, paru-paru dan kulit.

Katak tidak memiliki tampang yang sangar, bahkan juga tak memiliki gigi. Tapi katak memiliki lidah yang lentur dan menjulur dengan tangkas tanpa suara untuk melilit mangsanya, dan dalam tempo sedetik langsung ditelan mentah-mentah melalui kerongkongannya yang longgar.Dari segi olah gerak, katak bahkan mampu melompat 20 kali dari panjang badannya, dalam satu sentakan lompatan.

Pasukan Katak, sebagaimana disebut www.wikipedia.com bertugas melakukan peledakan/demolisi bawah air termasuk sabotase/penyerangan rahasia kekapal lawan dan sabotase pangkalan musuh, termasuk kemungkinan sebagai torpedo berjiwa (kamikaze), penghancuran instalasi bawah air, pengintaian, mempersiapkan pantai pendaratan untuk operasi amfibi yang lebih besar, serta antiteror di laut/maritime counter terrorism. Tugas-tugas tersebut tentu saja tugas-tugas yang berat dan penuh risiko yang hanya mungkin dilakukan oleh prajurit yang memiliki loyalitas tak terbatas kepada TNI khususnya dan bangsa pada umumnya.

Agaknya kompleksitas sistem pernafasan katak yang menyebabkan mereka bisa hidup di dua dunia, dan berbagai keunikan sifatnya, telah membuat Presiden Soerkano terkesan dan menamakan pasukan elit TNI AL Pasukan Katak. Dirgahayu TNI.

fabel - Koran Riau
Tulisan ini sudah di baca 918 kali
sejak tanggal 01-10-2013

Kumpulan tulisan lainnya. : Jurnal Chaidir | Opini Chaidir | Kolom Chaidir | Fabel Chaidir

Buku Chaidir. : Demang Lebar Daun | Membaca Ombak | Menertawakan Chaidir | 1001 Saddam | Panggil Aku Osama | Berhutang Pada Rakyat