drh. Chaidir, MM | Goyang Itik |
Sumber : Foto koleksi album drh. Chaidir, MM

Goyang Itik

Oleh : drh.chaidir, MM

"KAMU kenapa termenung bermuram durja? Dari tadi kulihat kamu galau." Sahabat yang ditanya, menjawab tidak bersemangat. "Jagoku kalah." Ujarnya dingin.

"Ya sudahlah, namanya juga pertandingan, pasti ada yang kalah dan ada yang menang, tak mungkin semuanya menang kan? Lagi pula, bukankah sudah ada perjanjian yang disetujui oleh semua kubu yang bertanding, siap kalah siap menang? Maka, jangan berkecil hati. Dunia kan tidak kiamat kalau jagomu kalah?"

"Kamu benar, tapi jagoku kan rajin berkokok?"

"Hei kawan, kamu kayak nggak tahu saja, rajin berkokok belum tentu jago dalam aduan. Tong kosong nyaring bunyinya, air beriak tanda tak dalam. Lihatlah itu contoh pemilihan tuan besarmu sebagai ketua arisan di kampungnya, berbulan-bulan dia dominan dalam polling media, tapi toh dia kalah juga. Nggak jaminan Bro, nggak jaminan…."

"Berarti pollingnya tidak kredibel."
"Itu bukan urusan kita."
"Lantas sebaiknya aku bagaimana? Pusing."
"Lupakan saja jagomu yang kalah itu, jago tak seekor, sekarang nikmati goyangku, goyang itik." Ujar sang itik menghibur ayam, teman sebangsanya, sambil berjalan-jalan menggoyang-goyangkan dan menggetar-getarkan ekornya.
"Ah tak ada yang istimewa." Ujar sang ayam.

"Kamu ketinggalan jaman, Bro. Goyangku itu sekarang yang sedang ngetop, ditiru artis Zaskia Shinta. Sampai-sampai namanya pun jadi Zaskia Gotik – Zaskia Goyang Itik. Penyanyi itu meniru-niru goyang ekorku ketika sedang menyanyi, tapi karena Zaskia tak punya ekor seperti aku, pantatnya yang digoyang-goyangkan, sampai beberapa penonton berteriak, itu goyang itik, itu goyang itik, maka jadilah goyang itik menjadi trade mark alias merek dagang penyanyi dangdut Zaskia. Hebat nggak?"

"Rasanya biasa-biasa saja." Ujar ayam cool.

"Justru itulah yang membuat penasaran. Bangsa tuan kita rupanya suka goyang yang aneh-aneh. Ingat nggak kamu Yam, dulu pernah ada goyang ngebor yang dipopulerkan artis Inul Daratista, ada goyang patah-patah Annisa Bahar, ada goyang gergaji yang dibawakan Dewi Persik. Goyang yang legendaris juga ada, namanya goyang karawang." Itik menyampaikan pandangannya kepada ayam, temannya.

"Sebenarnya," itik melanjutkan, "produser dapur rekaman goyang itik itu harus bayar royalty kepada bangsa itik sebagai pemilik asli goyang tersebut. Kalau kemudian ada grup duo, De Mocca yang menggugat Zaskia Gotik bahwa goyangan tersebut diadopsi dari goyangan De Mocca, yang sebelumnya diberi nama "Goyang Bebek", itu masalah tersendiri. Siapapun mereka, Zaskia atau De Mocca, keduanya meniru goyang itik, tak terbantahkan. Maka, kalau Tuan Hakim mengabulkan tuntutan De Mocca untuk ganti rugi sebesar Rp 5 miliar, uang itu harusnya menjadi milik bangsa itik."

Tapi Tik, kabar terbaru mereka sudah berdamai. Alasannya, kalau masalah rezeki tak akan kemana. Mereka akan tetap melakukan goyang itik. Itik, kamu dapat apa?

fabel - Koran Riau
Tulisan ini sudah di baca 428 kali
sejak tanggal 10-09-2013

Kumpulan tulisan lainnya. : Jurnal Chaidir | Opini Chaidir | Kolom Chaidir | Fabel Chaidir

Buku Chaidir. : Demang Lebar Daun | Membaca Ombak | Menertawakan Chaidir | 1001 Saddam | Panggil Aku Osama | Berhutang Pada Rakyat