drh. Chaidir, MM
Sumber : Foto koleksi album drh. Chaidir, MM

Suara dari Gedung Lancang Kuning | Bagian : 0

Pengantar Penerbit


Oleh : Yayasan Pusaka Riau

Berpaling atau menengok masa lalu merupakan strategi yang paling umum untuk menafsirkan masa kini dan mendatang Hal-hal yang terjadi pada masa lampau itu, dapat menjadi suatu acuan untuk bersikap, membuat kebijakan, dan sekaligus dalam hal melakukan tindakan. Dengan pengertian yang demikian, maka buku Suara dari Gedung Lancang Kuning ini tetap menjadi penting untuk diketengahkan karena memiliki garis hubungan yang kuat dengan kekinian.

Buku Suara dari Gedung Lancang Kuning yang ditulis oleh Chaidir ini memuat beragam tulisan, mulai dari persoalan-persoalan sosial kemasyarakatan, politik dan pemerintahan, ekonomi, budaya, hingga menusuk pada perbandingan-perbandingan sistim pemerintahan dengan negara lain. Karena sejumlah tulisan dalam buku ini ditulis pada rentang waktu sebelum reformasi bergulir, maka untuk beberapa tulisan, terutama yang menyangkut masalah sosial dan politik, seakan-akan berjarak dengan masa kini, tetapi kalau kita cermati dengan seksama, tulisan-tulisan tersebut tetap mempunyai benang merah yang tegas dengan kondisi yang ada. Selain itu, beragamnya tulisan yang terdapat pada buku ini, membuat kita dapat menemukan berbagai informasi yang berguna untuk mencari akar permasalahan terhadap hal-hal terjadi, sebagai akibat perubahan yang terjadi secara revolusioner, sekarang ini.

Buku ini pertamakali diterbitkan oleh Penerbit Pusat Peranserta Masyarakat (PPM) Wilayah Riau pada tahun 1998. Untuk cetakan kedua ini, telah dilakukan beberapa perbaikan dan perubahan, khususnya dalam hal kesalahan pengetikan, perubahan bentuk dan editing. Selain itu, pada cetakan kedua ini, juga terdapat penambahan beberapa tulisan, seperti Menangkap Kehendak Rakyat, Agenda Mendesak: Otonomisasi Kota Batam dan dua tulisan catatan perjalanan penulis sewaktu menghadiri Perhimpunan Agung UMNO di Malaysia, yaitu Tersanjung Ketika Dr. M Menyebut Riau dan Perseteruan Dua Harimau di Satu Bukit, yang juga ditulis dalam kurun waktu yang sama.
Mudah-mudahan buku ini bermanfaat bagi kita semua, khususnya masyarakat Riau yang saat ini sedang berjuang menuju kemakmuran di segala bidang.


Pekanbaru, Mei 2002



Tulisan ini sudah di baca 148 kali
sejak tanggal 29-05-2016

Daftar isi buku Suara dari Gedung Lancang Kuning

  

  


http://drh.chaidir.net/buku/Suara-dari-Gedung-Lancang-Kuning/2-Pengantar-Penerbit.html