drh. Chaidir, MM
Sumber : Foto koleksi album drh. Chaidir, MM

Menertawakan Chaidir | Bagian : 1

Minta 10% Diberi 15%


Oleh : drh.chaidir, MM

Minta 10% Diberi 15%

SOAL demo, mahasiswa kita selalu jago. Namun tidak berarti mereka tahu persis dengan apa yang mereka perjuangkan. Suatu ketika sekelompok mahasiswa berdemo ke DPRD Riau.



Dalam orasinya mereka menuntut agar pemerintah memberikan bagi hasil yang layak atas minyak ke Riau.

Mungkin karena belum tahu bahwa Undang-Undang telah memberikan 15% dari hasil minyak untuk daerah penghasil, dalam orasinya mereka menyebutkan jumlah 10% tanpa bisa ditawar. Chaidir mendengarkan pidato itu dengan sabar. Tiba gilirannya memberikan tanggapan, dengan senyum khas, Chaidir menyampaikan, "Saudara-saudara, pemerintah sesungguhnya telah mengabulkan tuntutan kalian, kalian tuntut 10% pemerintah memberi 15%."

Mendengar itu, sang penyampai tuntutan kelihatan kebingungan, namun temannya segera berteriak, agaknya mahasiswa Fakultas Ekonomi. "Kami minta 10% dari produksi minyak, bukan 15% dari hasil bersih setelah potong pajak biaya produksi dan utang-utang. Untuk apa 15% atau bahkan 50% sekalipun bila setelah potong pajak, biaya produksi dan utang-utang, hasil bersihnya sama dengan nol, 15% dari nol sama dengan nol besar," katanya bersemangat diiringi sorak sorai. "Oleh karena itu kami menuntut 10% dari produksi minyak yang 750.000 barrel per hari itu," katanya lagi. Giliran Chaidir manggut-manggut dan kebingungan.


Tulisan ini sudah di baca 304 kali
sejak tanggal 29-05-2016

Daftar isi buku Menertawakan Chaidir

  
  


http://drh.chaidir.net/buku/Menertawakan-Chaidir/272-Minta-10%25-Diberi-15%25.html